Friday, April 15, 2016

Profil Klinik Pratama Rawat inap dan bersalin "Nur Medika" Surabaya

Dengan bimbingan Guru" :')))

PROFIL KLINIK “NUR MEDIKA”


disusun oleh :
1.    Adellia Mey D.S                            7. Dewi Anggraeni
2.    Agam Ikhwana Khalid                   8. Dewi Mayangsari
3.    Aisyah Wulan R.                            9. Dwi Putri Ambarwati
4.    Alya Fatimatuz Z.                          10. Eka Dian P.
5.    Aulia Dinda M.                               11. Erleoni Hadianti
6.    Dessy Erita                                     12. Fenny Faiza R.



SMK KESEHATAN NUR MEDIKA SURABAYA
PROGRAM STUDI KEPERAWATAN
TAHUN AJARAN 2013-2014


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat tuhan yang maha kuasa atas segala limpahan rahmat, inayah, taufik dan hidayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan Laporan Praktek klinik tentang Profil Klinik Pratama Rawat Inap dan Bersalin Nurmedika Surabaya ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana, Semoga laporan ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam administrasi pendidikan dalam profesi keguruan. Harapan kami semoga laporan ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi laporan ini sehingga kedepannya dapat lebih baik . Laporan ini kami akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang kami miliki sangat kurang. Oleh karena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan laporan ini.
kami  juga mengucapkan terima kasih kepada :
1.      dr . H . Bambang Supriyono, SE, MM selaku ketua Yayasan SMK Kesehatan Nur Medika Surabaya
2.      Drs . R . Hari Purnomo, MM selaku kepala sekolah SMK Kesehatan Nur Medika  yang telah memberikan izin kepada kami untuk melaksanakan Praktek Keperawatan di Klinik Pratama Rawat Inap dan Bersalin Nurmedika Surabaya
3.      Risma Widyasti, S.Kep.Ns selaku kaprodi  Keperawatan yang telah memberikan izin kepada kami untuk melaksanakan Praktek Keperawatan di Klinik Pratama Rawat Inap dan Bersalin Nurmedika  Surabaya
4.      Desy Purnamasari, SST selaku pembimbing Klinik Pratama Rawat Inap dan Bersalin Nurmedika Surabaya yang telah menerima dan membantu kami dalam melaksanakaan Praktek klinik
5.      Karyawan Klinik Pratama Rawat Inap dan Bersalin Nurmedika Surabaya yang telah bersedia menerima dan memberikan informasi data serta membantu melancarkan pelaksanaan Praktek klinik
Semoga laporan ini dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun laporan ini memiliki kelebihan dan kekurangan. kami membutuhkan kritik dan saran dari pembaca yang membangun. Terima kasih.

Surabaya,   Juli 2014

  Penulis
LEMBAR PENGESAHAN

Laporan hasil kegiatan PRAKERIN di klinik Pratama Rawat Inap dan bersalin nur medika telah di buat dengan sebenarnya oleh kelompok 3 SMK Kesehatan Nur Medika pada tanggal 23 juni sd 8 juli 2014 di klinik Pratama Rawat Inap dan Bersalin nur medika surabaya
Telah disetujui dan disahkan
Pada tanggal   Juli 2014


Pembimbing Klinik,


Desy Purnamasari, SST
Kaprodi,


Risma Widyasti, S.Kep.Ns                                                                  
Mengetahui,





Penanggung Jawab Klinik,


dr . H . Bambang Supriyono, SE, MM

 











DAFTAR ISI

Halaman Judul..................................................................................................................................i
Kata Pengantar................................................................................................................................ii
Lembar pengesahan........................................................................................................................iii
Daftar Isi..........................................................................................................................................iv
BAB I : PENDAHULUAN.............................................................................................................1
1.1   Latar Belakang................................................................................................................1
1.2   Tujuan Umum..................................................................................................................1
1.3   Tujuan Khusus.................................................................................................................1
BAB II :PEMBAHASAN............................................................................................................... 2
2.1  Pendirian Klinik....................................................................................................................2
2.2  Visi, Misi, Motto Klinik.......................................................................................................2
2.3  Tujuan...................................................................................................................................3
2.4  Fasilitas Klinik......................................................................................................................3
2.5  Denah Ruangan....................................................................................................................6
2.6  Ketenagaan Tenaga Kerja Klinik ........................................................................................7
2.7  Alur Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan..............................................................................8
2.8  Alur Kegiatan Umum...........................................................................................................9
BAB III : PENUTUP.....................................................................................................................10
3.1  Kesimpulan..........................................................................................................................10
3.2  Saran....................................................................................................................................11
LAMPIRAN FOTO.......................................................................................................................12
DAFTAR PUSTAKA....................................................................................................................25
LEMBAR KONSUL......................................................................................................................26

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.  Latar Belakang profil klinik
Pembangunan kesehatan masyarakat merupakan bagian dari pembangunan kesehatan nasional yang bertujuan untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal dan tercapainya kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap penduduk. Untuk mencapai hal tersebut pemerintah mengupayakan beberapa pihak baik dari pemerintah sendiri maupun swasta untuk mencapai pelayanan yang optimal bagi masyarakat. didalam melaksanakan pembangunan kesehatan tersebut keikutsertaan masyarakat swasta dalam berbagai upaya kesehatan semakin meningkat.  Keikutsertaan masyarakat dalam upaya peningkatan kesehatan tercemin dengan semakin meningkatnya usaha-usaha kesehatan yang di selenggarakan oleh pihak swasta baik berupa Rumah Sakit, Rumah Bersalin, Balai Pengobatan, Balai kesejahteraan Ibu dan Anak maupun Klinik Rawat Inap.
Klinik Pratama rawat inap dan bersalin, yang beralamat di jl. Simo Pomahan 1 no.8 , kecamatan Sukomanunggal ,Surabaya. merupakan lembaga yang bekerja dalam memberikan pelayanan kesehatan 24 jam dengan pelayanan dokter umum dan kebidanan. Klinik Pratama berdiri sejak tahun 2001 dan telah mendapatkan ijin dari pihak-pihak tertentu. Klinik pratama mempunyai jenis kegiatan dan pelayanan seperti, Rawat Inap, Rawat Jalan, Bersalin, Suntik KB, Khitanan, Apotik, dll. memberikan solusi bagi permasalahan kesehatan yang dihadapi oleh masyarakat, disamping memberikan pelayanan-pelayanan terhadap masyarakat, klinik pratama rawat inap dan bersalin juga memiliki segi bisnis yang berjalan didalamnya.
1.2. TUJUAN
     1.   Tujuan Umum
Agar siswa siswi yang praktek mengetahui tentang pelayanan kesehatan yang diberikan tenaga kerja klinik kepada masyarakat.
  2.   Tujuan Khusus
Setelah mengikuti praktek di klinik Nur Medika siswa di harapkan mampu
mempelajari dan mempraktekkan pelayanan keperawatan di klinik


1

BAB II
PEMBAHASAN

                  2.1. Pendirian  Klinik
Klinik nur medika didirikan pada tanggal 1 September  2001 dengan berbagai perijinan yaitu :
      Sertifikat Hak Milik nomor 1523 Tgl 23 maret 1982 pemberi ijin Kantor Agraria Kotamadya surabaya
      Sertifikat Hak Milik nomor 2472 Tgl 10 desember 1990 pemberi ijin Kantor Pertahanan Kotamadya Surabaya
      Ijin Memberikan Bangunan (IMB) nomor 188/6950-94/402.4.6/2001 pemberi ijin Dinas Pembangunan Kota surabaya
      Izin gangguan nomor 530.08/439/402.4.0/2002 Tgl 01 november 2002 pemberi ijin Dinas Lingkungan hidup kota surabaya
      Izin Gangguan (perpanjangan) nomor 530.08/363/436.6.3/2006 pemberi ijin Badan pengendalian lingkungan hidup kota surabaya
      Surat Keterangan Rencana Kota (SKRK) nomor 645.3/1311 C/436.6.2/2011 pemberi ijin Dinas Cipta Karya dan tata kota, Kota surabaya,
                                         
2.2.     VISI
Membantu Pemerintah dalam Program Pelayanan Kesehatan Cepat, Tanggap dan Terjangkau untuk Masyarakat

MISI
1.      Memberikan yang memuaskan dengan harga terjangkau
2.      Memberikan Pelayanan Kesehatan yang Tanggap, Sopan dan Ramah
3.     Memberikan Pelayanan Kesehatan yang mengutamakan kondisi Pasien

           MOTTO
“ KESELAMATAN DAN KESEMBUHAN PASIEN YANG KAMI UTAMAKAN “
2

2.3.  TUJUAN
1.    Memberikan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Sekitar.
  2.    Membantu pemerintah daerah setempat memberikan pelayanan kesehatan terjangkau dan        berkualitas bagi masyarakat.

2.4. FASILITAS
a. Lantai 1:
·         Ruang Pemeriksaan Kehamilan
·         Ruang Dokter
·         Ruang Operasi
·         Ruang periksa
·         Apotik
·         Ruang Tunggu
·         Rekam Medik
·         Ruang Rawat Inap
·         Kamar Mandi / Wc
b. Lantai II :
·         Ruang Kantor SMK Kesehatan Nur Medika
·         Ruang Istirahat Dokter
·         Kantin
·         Kamar Mandi /Wc
Peralatan dan Bahan Klinik Pratama Rawat Inap dan Bersalin Nur Medika Surabaya
No
Jenis Peralatan
Jumlah
1
Bengkok
12
2
Tempat sampah medis
1
3
Tempat sampah non medis
1
4
Tempat sampah kering
1
5
Tempat sampah basah
1
6
Timbangan Bayi
1
7
Timbangan dewasa
3


3

8.
Tensimeter
2
9.
Thermometer
4
10.
Alat pengukur tinggi badan
1
11.
Pinset
1
12.
Spekulum hidung
1
13.
Gunting epis
1
14.
Gunting biasa
1
15.
Nailfooder
6
16.
Clam bengkok
2
17.
Clam panjang
1
18.
Kursi roda
1
19.
Alat pemadam kebakaran
2
20.
Brangkat
11
21.
Stetoskop
2
22.
Spikmanometer
1
23.
Lampu senter
1
24.
Tempat cuci tangan
2
25.
Sarung tangan
1 box
26.
Korentang
1
27.
Tenakulum
1
28.
Spekulum hidung
1
29.
Klem
12
30.
lampu tindakan
1
31.
Tabung oksigen besar
2
32.
Tabung oksigen kecil
2
33.
Tangga pasien
3
34.
Sterilisator
1
35.
Kotak kapas
1
36.
Gunting perban
6
37.
Mobil ambulan
1
38.
Dopler
2
39.
DJJ
1
40.
Tongspatel
1
4

Utilitas dan Prasarana Dasar Eksisting Klinik Pratama Rawat Inap dan Bersalin “NUR MEDIKA” Surabaya
Sistem utilitas yang saat ini ada meliputi:
·        Pelayanan kelistrikan
·        Penyediaan air bersih
·      Penanganan air limbah medis dan non medis
·      Sistem drainase/saluran air hujan
·      Sistem telekomunikasi
·      Pencegahan/penanggulangan bahaya kebakaran
·      Sistem tata udara
·      Penanganan Persampahan
·      Sistem Telekomunikasi

Pelayanan yang ada di klinik Pratama Rawat Inap dan bersalin Nurmedika Surabaya
1.      Rawat Jalan
2.      Rawat Inap
3.      Khitanan
4.      KIA/KB
5.      Persalinan
6.      Administrasi
7.      Bidan
8.      Rujukan













5

2.5. DENAH RUANGAN

UGD
Ruang Tunggu
Pintu masuk











6
GAMBAR DENAH LOKASI
KLINIK PRATAMA KLINIK “NUR MEDIKA”

Klinik Pratama rawat inap dan bersalin nur medika



2.6. KETENAGAAN KLINIK
No
Ketenagaan
Nama
Jumlah
1.
Penanggung jawab klinik
dr. H. Bambang Supriyono, SE. MM
1
2.
Dokter Umum
dr. Cholifah
dr. Eko Iswahyudi
dr. Nico
dr. Robby Julian
dr. Rahmat
dr. M.Syaifullah Anwar
6




7
3.
Perawat
Riza Noviana .,S.Kep.,Ns
Lia Naimatus S.,S.Kep.,Ns
Damayanti F.,S.Kep.,Ns
Yeni Kartikasari, Amd. Kep
Yanto Hadi Prayitno, Amd. Kep
Arby Putra Widianto, Amd. Kep
Ribut Chandra P, S.Kep.,Ns
7
4.
Penanggung jawab bidan
Dian Ika Susanti, S.ST.MM.kes
1
5.
Bidan
Desy Purnamasari, SST
Yuyun Puji Astuti, SST
2
6.
Administrasi
Ahmad Zaini
1
7.
Supir Ambulance
Sunyoto
     1
8.
Apoteker
Indah Ratnasari, S.SI. Apt
     1
9.
Juru Parkir
Mas. Hendra
     1
10.
Satpam
Yatmono
1

Jumlah
  22

2.7 ALUR PELAYANAN PEMERIKSAAN KESEHATAN DI KLINIK PRATAMA RAWAT INAP DAN BERSALIN NUR MEDIKA
1.      Mendaftar di tempat Recepsionist untuk mendapatkan nomor urut periksa, Apabila pernah berobat ke Klinik Pratama Rawat Inap Dan Bersalin Nur Medika, tunjukkan KARTU PASIEN . Bila Kartu Pasien hilang/tidak terbawa, beritahu petugas. Petugas  akan siap mencarikan Nomor Rekam Medis tersebut. Karena Rekam Medis yang lengkap menyatu, akan memudahkan dokter dalam mengambil kesimpulan dan memberikan terapi yang tepat untuk pasien.
2.      Menunggu dokter, untuk di periksa.
3.      Lalu ke Administrasi untuk membayar biaya Pemeriksaan Dokter, Resep Obat, Laboratorium, Radiologi, dan penunjang lain, jika memang menggunakan fasilitas tersebut atas perintah dokter yang sudah disanggupi dan disetujui pasien. 
4.      Ke Recepsionist untuk mengambil obat
5.      Pulang dengan membawa obat.
6.      Bila perlu RAWAT INAP, mendapatkan kamar sesuai permintaan pasien/keluarga atau sesuai haknya bagi pasien.

8

2.8 ALUR KEGIATAN UMUM :

KLINIK PRATAMA RAWAT INAP DAN BERSALIN NURMEDIKA
Pasien mendaftar
Darurat /parah
Rawat Inap / Rawat Jalan
 




Rujukan Rumah Sakit
Pertolongan pertama
                          iya
 


Rekam Medik
         tidak
Rujukan RS.
Kondisi Pasien
Pemeriksaan Pasien
Buat Rekam medik
                                       tdk
                                                                                                                                                                         buruk
                                                                                                                                                                                                                                                                       
Rawat Inap
                      Iya                                                                                                                                   normal
                                                                                               
                                                                       
                                                                       
Kartu berobat
File Rekam medik
 














9
BAB III
PENUTUP

3.1.  KESIMPULAN
Klinik Pratama Nur Medika merupakan klinik umum yang berkedudukan di jalan. simo pomahan no. 8 , kecamatan sukomanunggal, surabaya. Klinik nur medika ini dalam memberikan pelayanan terhadap pasien, Klinik Pratama Nur Medika beroperasi 24 jam dan 7 hari dalam seminggu, dengan tim dokter yang selalu siap untuk melayani pasien, dan dibantu oleh perawat dan tenaga administrasi.
A.    VISI
Membantu Pemerintah dalam Program Pelayanan Kesehatan Cepat, Tanggap dan Terjangkau  untuk Masyarakat
B. MISI
1.      Memberikan yang memuaskan dengan harga terjangkau
2.      Memberikan Pelayanan Kesehatan yang Tanggap, Sopan dan Ramah
3.     Memberikan Pelayanan Kesehatan yang mengutamakan kondisi Pasien
C. MOTTO
 “ KESELAMATAN DAN KESEMBUHAN PASIEN YANG KAMI UTAMAKAN “
D.  TUJUAN
1.    Memberikan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Sekitar.
 2.    Membantu pemerintah daerah setempat memberikan pelayanan kesehatan terjangkau  dan berkualitas bagi masyarakat.

E.  JENIS PELAYANAN
1.  Rawat Jalan
2.  Rawat Inap
3.  Khitanan
4.  KIA/KB
5.  Persalinan
6.  Administrasi
7.  Bidan
8.  Rujukan


10

F. FASILITAS
a.  Lantai 1:
·         Ruang Pemeriksaan Kehamilan
·         Ruang Dokter
·         Ruang Operasi
·         Ruang periksa
·         Apotik
·         Ruang Tunggu
·         Rekam Medik
·         Ruang Rawat Inap
·         Kamar Mandi / Wc
b.  Lantai II :
·         Ruang Kantor SMK Kesehatan Nur Medika
·         Ruang Istirahat Dokter
·         Kantin
·         Kamar Mandi /Wc

3.2.  SARAN
1.      Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dapat diwujudkan melalui peningkatan keterampilan dan motivasi kerja staf Poliklinik
2.      Meningkatkan Fasilitas Sarana dan Prasarana
3.      Lebih di tingkatkan kebersihannya
4.      Agar keluarga pasien merasa nyaman , beri tempat duduk untuk masing-masing kamar











11
LAMPIRAN FOTO

Gambar 1 . situsai depan klinik
Klinik Nur Medika terdapat di jalan raya simo pomahan 1 no,8 surabaya.
Di depan klinik terdapat parkiran yang tertata rapi ,dan terdapat ambulance.
















12



Gambar 2 . situasi dalam  klinik
1.      Lantai klinik bersih, kuat, tidak licin dan permukaanya rata.
2.      Dinding klinik bersih dan permukaan yang halus.
3.      Atap ruangan klinik kuat, tidak bocor serta tidak memungkinkan terjadinya genangan air.
4.      Pencahayaan cukup terang












13

Gambar 3 . ruang KIA
1.    Lantai ruang KIA bersih, kuat, , tidak licin dan permukaanya rata.
2.    Dinding bersih dan permukaan yang halus.
3.    Atap ruangan kuat, tidak bocor serta tidak memungkinkan terjadinya genangan air.
4.    Pencahayaan dalam ruangan cukup terang
5.    Memiliki ventilasi yang dapat mengatur sirkulasi udara baik ventilasi alami maupun buatan, sehingga kondisi ruangan menjadi terasa nyaman.
6.    Terdapat tensi ,stetoskop, obat-obatan dan 1 tempat sampah di sebelah meja obat
7.    Terdapat 1 meja untuk dokter , 2 kursi untuk pasien/keluarga pasien
8.    Terdapat sebuah wastapel yg bersih
9.    Dan meja susun untuk meletakkan barang medis


14


Gambar 4 . ruang rawat luka
1.    Lantai ruang Rawat Luka bersih, kuat, tidak licin dan permukaanya rata.
2.    Dinding bersih dan permukaan yang halus.
3.    Atap ruangan kuat, tidak bocor serta tidak memungkinkan terjadinya genangan air.
4.    Pencahayaan dalam ruangan cukup terang
5.    Memiliki ventilasi yang dapat mengatur sirkulasi udara baik ventilasi alami maupun buatan, sehingga kondisi ruangan menjadi terasa nyaman.
6.    Terdapat 1 meja untuk obat-obatan dan 1 meja untuk menaruh alat medis
7.    Terdapat 1 meja dan sebuah kursi untuk dokter , 2 kursi untuk pasien/keluarga pasien
8.    Terdapat sebuah wastapel yg bersih dan sebuah sabun
9.    Tempat sampah di bedakan menjadi 4 , yaitu : sampah medis , non medis , kering , dan basah






15

Gambar 5 . Tempat Persediaan Obat
1.    Apotik/tempat obat terdapat di sebelah kanan receptionist
2.    Obat tertata rapi
3.    Terdapat bermacam-macam obat,vitamin,infus set, ampul, dll
4.    Ruangan tidak pengap, tidak lembab
5.    Pencahayaan cukup terang
6.    Tidak ada serangga



















16

Gambar 6 . ruang tunggu
1.    Ruang Tunggu Terdapat di depan receptionist
2.    Lantai ruang tunggu bersih, kuat, tidak licin dan permukaanya rata.
3.    Dinding bersih dan permukaan yang halus.
4.    Atap ruangan kuat, tidak bocor serta tidak memungkinkan terjadinya genangan air.
5.    Pencahayaan dalam ruangan cukup terang
6.    Terdapat kursi






17

Gambar 7 . toilet
1.       Bersih
2.      Air keluar melalui kran
3.      Tidak terdapat jentik nyamuk pada air
4.       Limbah air mengalir lancer













18

Gambar 9 . ruang nifas
1.    Bersih
2.    Terdapat 2 tempat tidur untuk pasien yang baru melahirkan
3.    Terdapat Sebuah Meja dan sebuah televisi, AC.
4.    Lantai ruangan bersih, kuat, tidak licin dan permukaanya rata.
5.    Dinding ruangan bersih dan permukaan yang halus.
6.    Atap ruangan kuat, tidak bocor serta tidak memungkinkan terjadinya genangan air.
7.    Pencahayaan dalam ruangan masjid cukup terang
8.    Memiliki ventilasi yang dapat mengatur sirkulasi udara baik ventilasi alami maupun buatan, sehingga kondisi ruangan menjadi terasa nyaman.


19

Gambar 10 . receptionist
1.    Lantai bersih, kuat, tidak licin dan permukaanya rata.
2.    Dinding bersih dan permukaan yang halus.
3.    Atap ruangan kuat, tidak bocor serta tidak memungkinkan terjadinya genangan air.
4.    Pencahayaan cukup terang
5.    Memiliki AC
6.    Terdapat 2 pemadam Kebakaran
7.    Meja untuk melayani klien






20

 
               Gambar 11 . ruang bersalin
1.    Bersih
2.    Terdapat sebuah tabung gas oksigen
3.    Terdapat tempat untuk memandikan bayi baru lahir
4.    Air keluar melalui kran
5.    Terdapat alat-alat untuk proses melahirkan














21
INKUBATOR
                Gambar 12 . inkubator

1.         Inkubator terdapat di dalam ruang bersalin
2.         Terdapat 2 inkubator
3.         Inkubator jarang di pakai  



















22
Alat-alat yang terdapat pada ruang bersalin
 Gambar 13 . ruang bersalin
1.        Terdapat tempat memandikan bayi baru lahir
2.        Terdapat alat-alat medis yang steril
3.        Tensi
4.        2 buah bayclean
5.        Air keluar melalui kran



















23
Peta Wilayah Surabaya Area Lokasi Kegiatan

  
  
GAMBAR DENAH GOOGLE MAPS
KLINIK PRATAMA RAWAT INAP DAN BERSALIN “NUR MEDIKA






24

DAFTAR PUSTAKA
1.      Supriyono, SE, MM,  dr. H. Bambang. 2011. “Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UPL)  Klinik Pratama Rawat Inap dan Bersalin Nurmedika Surabaya. Klinik Pratama Rawat Inap dan Bersalin Nurmedika Surabaya : Surabaya
3.      http://pkumuhammadiyahkroya.blogspot.com/2012/84/profil-singkat -pku-muhammadiyah-kroya.html   Dikutip pada tanggal 04 Juli 2014 pukul 12:30 WIB
























25
LEMBAR KONSUL
No
Tgl/jam
Keterangan
Paraf
1
Senin, 08 Juli 2014
Cover
Kata Pengantar
Lembar Pengesahan
Daftar isi
Daftar Lampiran
BAB 1
Latar Belakang
Tujuan
BAB 2
Pembahasan
Pendirian Klinik
Visi , Misi , Motto
Tujuan
Fasilitas
Denah Ruangan
Ketenagaan Klinik (dengan nama)
BAB 3
Kesimpulan
Saran
Daftar Pustaka
Lampiran
Lembar Konsul

2.
Senin,
14 Juli 2014  
Kekurangan Pada :
1. Kata Pengantar
2. Nama-nama karyawan Klinik
3. Kesimpulan dan Saran
4. Penulisan

3.
Selasa, 15 Juli 2014
ACC











26

No comments:

Post a Comment